GNOME 3.36 Code Name “Gresik” Telah Rilis

GNOME telah merilis versi terbarunya dengan Code Name “Gresik”, GNOME 3.36 membawa 24.434 perubahan dengan dibantu oleh kurang lebih 780 kontributor. Perubahan ini berisi beberapa fitur mayor baru, peningkatan fitur minor dan perbaikan bug pada versi sebelumnya.

GNOME 3.36 diberi kode nama “Gresik” sebagai pengakuan pada Tim di belakang GNOME.Asia 2019 yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Gresik pada 12 dan 13 Oktober 2019.

GNOME.Asia Summit merupakan acara rutin komunitas GNOME di Asia yang digelar setiap tahunnya. Kegiatan ini biasanya digelar selama beberapa hari dan mempertemukan para pengembang, pengguna, dan orang-orang yang memiliki antusiasme terhadap GNOME atau hal-hal terkait dengan tema free & open source software.

Apa yang baru?


1. Ekstensi

Ekstensi GNOME shell sekarang dikelola menggunakan aplikasi ektensi yang baru, bukan dari Software. Aplikasi esktensi menangani pembaruan, mengonfigurasi preferensi, dan menghapus atau menonaktifkan ekstensi yang tidak diinginkan.


2. Do Not Disturb

Fitur “Do Not Disturb” akan membantu kamu lebih fokus dalam pekerjaan, aktifkan fitur ini jika ingin menyembunyikan sementara notifikasi yang muncul.


3. Lock Screen

Perubahan pada desain dan pengalaman membuka layar kunci yang lebih mudah dengan hanya melakukan klik, kemudian memasukkan password yang diminta. Pada versi sebelumnya kita harus klik dan menggeser layar keatas jika ingin memasukkan password untuk login.


4. Desktop

GNOME 3.36 menerima banyak peningkatan dari segi fungsi dan tampilan, diantaranya

  • Pilihan untuk mematikan / log out telah ditata ulang, dan ditambahkan juga pilihan untuk suspend (sleep pada sistem operasi Windows).
  • Kotak dialog untuk password sekarang memiliki pilihan untuk menampilkan password dengan cara klik icon mata, ini memudahkan kita untuk memverifikasi kebenaran password yang kita tulis.
  • Beberapa desain sistem dialog mengalami perubahan, membuatnya memiliki tampilan yang lebih konsisten dan mudah untuk dibaca.
  • Nama folder pada menu aplikasi sekarang bisa direname.
  • Keseluruhan antarmuka telah lebih ditingkatkan dengan fokus pada kalender dan hasil pencarian.

5. Settings


Pada Settings, ini adalah beberapa peningkatan pada GNOME versi 3.36.

  • Pada bagian pengaturan telah ditata ulang, membuatnya lebih mudah dan cepat dalam melakukan navigasi.
  • Pada bagian Privasi, sekarang memiliki daftar aplikasi yang bisa memberikan izin untuk mengakses lokasi, kamera dan mikrophone. Izin akses bisa dicabut berdasarkan tiap aplikasi.
  • Pada bagian pengguna dan tentang, keduanya telah menerima perubahan pada antarmuka mereka. Keduanya sekarang menjadi lebih jelas dalam memberikan informasi kepada pengguna dan membuat perubahan pada pengaturan lebih mudah.

6. Software

Software sekarang secara otomatis dapat mengukur data jaringan yang digunakan, seperti pada jaringan data mobile.

Saat software mendeteksi pengguna menggunakan jaringan dari perangkat mobile, software akan menunda proses pembaruan untuk mengurangi konsimsi data sehingga lebih menghemat penggunaan kuota pada perangkat mobile kita.


7. Parental Controls

Fitur ini memberikan kontrol penuh kepada orang tua yang ingin membatasi aplikasi atau software apa saja yang bisa diakses jika fitur Parental Controls aktif.


8. Boxes

Boxes sekarang memiliki tutorial untuk pengguna yang memperkenalkan berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Boxes GNOME sekarang juga memiliki penujuk baru saat kita akan membuat mesin virtual, memungkinkan mengatur jumlah core CPU untuk masing-masing mesin virtual, dan sekarang juga mendukung untuk booting UEFI.


9. Web

Web sekarang mampu untuk memuat dan melihat berkas PDF langsung dari jendela browser. Tampilan antarmuka juga telah ditingkatkan untuk membuatnya lebih teroptimasi untuk layar yang lebih kecil.

Web sekarang juga mendukung dark mode untuk pengguna yang menggunakan tema gelap pada sistem mereka.


Dan seperti biasa, masih banyak perubahan-perubahan kecil lainnya pada GNOME 3.36 ini. Ini adalah beberapa diantaranya.

  • Asisten penunjuk pengaturan awal GNOME disegarkan dengan tampilan antarmuka yang lebih bersih dan lebih efisien.
  • Sekarang memungkinkan untuk masuk ke akun Last.fm atau ListenBrainz dan menggunakan akun tersebut dengan GNOME Music.
  • Aplikasi musik sekarang mampu untuk mengunduh kover gambar album yang hilang / tidak ada pada file musik.
  • Dokumentasi pengguna untuk berbagai aplikasi yang sangat ketinggalan zaman sekarang telah diperbarui.
  • Kontak memiliki tampilan baru.
  • Pengguna driver NVIDIA sekarang akan dapat menjalankan aplikasi menggunakan stand-alone GPU dari dalam GNOME, melalui menu bernama “Launch on Discrete GPU”.
  • Tampilan Jam telah didesain ulang, sekarang memiliki desain yang responsif dan membuat pemakaian pada layar kecil menjadi lebih mudah.
  • Aplikasi Polari sekarang mampu memberika pratinjau link dalam tampilan obrolan.
  • Password and Keys, GNOME password dan aplikasi manajer keychain telah ditingkatkan, sekarang menampilkan kunci publik SSH. Tampilan antarmuka juga nyaman digunakan pada layar yang kecil.
  • Aplikasi Fractal GNOME Matrix client sekarang bisa memutar video langsung didalam jendela obrolan.

Dan dibawah ini adalah video perkenalan GNOME 3.36: “Gresik” yang bisa kamu tonton.

Menurut artikel dari itsfoss.com GNOME 3.36 akan tersedia pada Ubuntu 20.04 dengan kode nama Focal Fossa. Ini artinya, seluruh fitur GNOME 3.36 juga akan terdapat pada Ubuntu 20.04 LTS yang direncanakan akan rilis pada 23 April 2020 mendatang.


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments