Mengenal arsitektur Arm, model bisnis dan potensi masa depannya

Perbedaan RISC dan CISC.

RISC (Reduced Instruction Set Computer) adalah keluarga mikroprosesor yang dirancang untuk menjalankan tugas komputasi dengan instruksi paling sederhana dalam waktu sesingkat mungkin.

RISC adalah kebalikan dari CISC (Complex Instruction Set Computing). CISC adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memori (load), operasi aritmatika, dan penyimpanan ke dalam memori (store) yang saling bekerja sama.

Dan saat ini, desain arsitektur CISC diterapkan pada model cpu x86. Produsen yang cukup dikenal dalam proses produksi CPU dengan arsitektur x86 adalah Intel dan AMD.

Pada awalnya, x86 dirancang untuk mendapatkan performa puncak, sedangkan Arm dirancang untuk mendapatkan efisiensi energi suatu sistem.

Apa itu arsitektur Arm?

Sumber gambar: www.extremetech.com

Arm pada dasarnya adalah SoC (System on Chip), dimana bagian dari suatu sistem seperti CPU, GPU, Memory, Modem atau bagian penting lainnya ada dalam satu paket tunggal. Sedangkan Arm sendiri memiliki kepanjangan Advance RISC Machine.

Arm mikrokontroller banyak kita temukan pada berbagai perangkat digital yang kita gunakan sehari-hari, sebut saja seperti smartphone, kamera digital, perangkat jaringan, jam tangan pintar, PC bahkan Server.

Arm Holdings, Ltd. adalah pemegang hak kekayaan intelektual dari desain arsitektur Arm, perusahaan yang bermarkas di Cambrige, Britania Raya. Model bisnis yang dilakukan oleh Arm Holdings berbeda dengan Intel dan AMD. Meski sama-sama berbisnis pada sektor industri chip, Arm Holdings tidak memproduksi chip mereka sendiri.

Bagaimana sebuah perusahaan chip menjalankan bisnis mereka tanpa memproduksi chip?

Arm Holding melisensikan model desain atau template dan ISA (Instruction Set Architecture) mereka kepada para mitra yang ingin bekerjasama, disana Arm mendapatkan keuntungan. Dengan begitu memungkinkan para mitranya untuk membangun sistem mereka dan menggabungkan desainnya dengan Arm sebagai pemroses utama.

Mitra Arm ini diberi kebebasan untuk merancang ulang dan memproduksi sistem mereka sendiri untuk kemudian menjualnya ke pasar. Beberapa perusahaan teknologi yang menjadi mitra Arm adalah Samsung, Qualcomm dan Apple.

Fugaku

Salah satu superkomputer tercepat didunia juga menggunakan artitektur Arm. Fugaku adalah superkomputer yang dibangun oleh Fujitsu Limited dan institut riset Riken Center for Computational Science menggunakan arsitektur Arm.

Keunggulan Arm yang tidak bisa disaingi oleh x86 adalah dari segi efisiensi energi dan kecepatan pemrosesan sebuah data. Ditambah lagi dengan mulai maraknya perangkat digital yang mengandalkan mikroprosesor telah menggunakan arsitektur ini. Bisa jadi ini adalah awal kematian x86, dan Arm merupakan sebuah arsitektur mikroprosesor yang akan mendominasi perangkat digital yang kita gunakan di masa depan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments