EXCEL DASAR
Pertama kali ketika anda akan bekerja menggunakan microsoft excel, level pertama yang harus anda pelajari adalah level dasar, kenapa harus level dasar? Pada level ini anda akan belajar tentang persiapan data sebelum diolah. Secara resmi microsoft mempunyai tiga level materi training untuk excel yaitu basic, intermediate dan advance yang dapat dipelajari secara bertahap. Pada materi dasar ini materi yang akan dipelajari meliputi pengenalan antarmuka excel, pemformatan cell, menambah mengedit, menghapus data, membuat data tabel, menggunakan formula dasar dan banyak bebeapa trik excel pemula.
MEMULAI EXCEL
Microsoft excel mempunyai lebih dari 1000 features dan 100 lebih menu yang dapat kita gunakan untuk mengolah data. agar kita mudah dan familiar dengan tool excel kita akan berkenalan dengan antar muka excel sbb:
Pada tampilan program excel Ada beberapa area yang harus dipahami agar kita mudah bernavigasi didalam excel.
1. Quick Access toolbar
Area ini adalah cara cepat untuk menggunakan tool yang sering digunakan, secara default ada 3 tool save, undo, redo. nantinya kita dapat menambahkan insert function, macros dan lainya sesuai dengan kebutuhan kita.
2. Ribbon
Ribbon pertama kali diperkenalkan pada Office 2007, fungsinya adalah untuk mengelompokan tools kedalam sebuah menu. dengan tujuan user lebih intuitif dalam menggunakan tool pada excel. sebagai contoh tools yang berkaitan dengan pegolahan data akan di simpan pada tab data, tools yang berkaitan dengan formula akan disimpan pada tab formulas.
3. Formula bar
Berfungsi untuk menampilkan, mengedit, menghapus formula (rumus) yang kita tuliskan dalam cell.
4.Spreadsheet grid
Area ini adalah tempat dimana kita dapat menambahkan angka, grafik/chart. area berisi kolom dan baris yang digunakankan sebagai pengalamatan cell, untuk kolom menggunakan huruf dari A-Z untuk baris menggunakan angka. jumlah kolom dan baris pada area ini adalah 1048576 Baris dan 16384 kolom.
5.Worksheet
Secara default dalam satu lembar kerja excel ada tiga worksheet yang dapat digunakan untuk mengolah data. dengan nama default sheet1, sheets2, sheet3.kita dapat menambahkan menghapus sesuai kebutuhan.
6.Status bar
Adalah bar horizontal yan berfungsi untuk menampilkan informasi status data
excel. status bar juga menampilkan quick summary dari data yang kita
seleksi (sum, average, min, max, Count).
MENAMBAHKAN DATA DAN MEMFORMAT DATA PADA EXCEL
Untuk meambahkan data pada excel dapat dilakukan dengan cara manual yaitu
mengetikan data secara langsung pada cell, atau anda juga dapat menambahkan
data dari sumber lain melalui copy dan paste pada excel. tipe data yang
masuk kedalam cell dapat berupa data angka, data teks, data tanggal, dan
waktu.
Tidak ada komentar